Rabu, 13 Desember 2017

Media Public Relations


Media Public Relations


Hubungan antara media dengan Public Relations merupakan langkah awal dari kinerja PR sebagai narasumber informasi dan dengan adanya media maka akan mempublikasikan kepada khalayak luas tentang apa yang menjadi progam dari PublicRelations. Oleh karena itu untuk menjalin hubungan yang dapat menjangkau kalangan publik yang luas maka praktisi Public Relations menggunakan mediarelations.
Mediarelations dapat dikatakan sebagai alat untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai aktivitas perusahaan atau organisasi melalui publikasi dan diharapkan pesan atau dapat diterima dengan baik oleh khalayak luas. Media relations pada dasarnya berkenaan dengan pemberian informasi atau memberi tanggapan pada media pemberitaan atas nama organisasi atau klien(Iriantara.2008:29).
Media merupakan sarana yang digunakan baik seperti surat kabar, internet, atau sarana yang digunakan untuk mendukung kegiatan suatu perusahaan agar mampu mencapai tujuan yang ingin di capai. Sedangkan media pada public relations, sama halnya dengan media-media yang digunakan yang lain . akan tetapi, media dalam public relations lebih bersifat ke publikasi dan komunikasi karena sesuai fungsi public relations yakni membangun hubungan kepada masyarakat atau khalayak yang bersangkutan dengan perusahaan. Media humas adalah segalabentukmedia (sarana/saluran/channel) yang digunakan praktisi humas dalam pekerjaannya dengan tujuan publikasi yang luas agar produk atau jasa yang humas pasarkan lebih dikenal oleh masyarakat.
Jenis Media Humas antara lain: Media Cetak (jurnal inhouse contohnya: surat kabar, majalah, dll), Online Media (website, blog, media sosial, email, dll), Broadcasting Media (radio, televisi, dll), Special Event (seminar, workshops..dll), Outdoor Media - Media Luar Ruang (spanduk, papan reklame, poster, dll).
Seperti yang telah diketahui di atas bahwasanya segala kegiatan yang dilakukan oleh humas agar dapat tercover dengan baik, maka diperlukan pemilihan media yang tepat, efektif dan efisien. Berikut pemilihan media promosi berdasarkan kelebihannya antara lain:  Pertama Radio : Pada media radio, penyampaian gagasan yang sederhana dan mudah dimengerti merupakan salah satu andalannya, setelah itu segala macam koreksi dapat dilakukan secara langsung, mempunyai segmen pendengar tersendiri. ke 2. Televisi : Jangkauan dari televisi dapat diterima oleh masyarakat luas, sifatnya yang audio visual lebih menarik, ke 3. Surat kabar : Menjangkau semua lapisan masyarakat dan biayanya murah.  Ke 4. Media Online : Hampir semua perusahaan saat ini sudah mengakrapkan diri dengan media online sifatnya yang trending, terutama media sosial & blog, menjangkau seluruh lapisan masyarakat bahkan menjangkau seluruh dunia (internasional), dapat diakses kapan dan di mana saja, terdokumentasi dan tidak banyak membutuhkan biaya bahkan gratis.
Kelompok Media & Alat Kampanye PR menurut (Rosadi Ruslan, 2000)  antara lain: Media Umum: Surat Menyurat, telepon, Facsimile. Media Massa: Media cetak, Media Penyiaran, Internet, Media Khusus: Iklan, logo, nama perusahaan, artefak perusahaan, merchandise, dll.
Berdasarkan tkt pengendalian isi media, media bisa dibagi 2: pertama, Media terkontrol: Isinya bisa dikendalikan, diarahkan oleh humas. Biasanya membutuhkan biaya lebih mahal. Kedua, Media tidak terkontrol: Isinya tidak bisa diarahkan oleh humas. Biayanya bisa lebih murah.
Media public relations yang pertama, House journal (Internal : In house Journal; media internal yang berfungsi sebagai media komunikasi, informasi, pendidikan, hiburan, media pengetahuan – Eksternal : Eksternal House Journal, yang berfungsi sebagai media promosi dan pembangun citra), Printed Material (berbentuk : brosur, leaflet, booklet, kop surat, kartu ucapan selamat/suplemen, kalender)Media Pertemuan (Event) ; media pertemuan langsung (face to face), misal : presentasi,  diskusi panel, seminar, pameran.
Media public relations yang kedua Broadcating Media & Internet ; publikasi PR yang disiarkan melalui siaran TV/Radio, media elektronik, internet, Media sarana Humas (misalnya penampilan identitas perusahaan /coporate identity yang merupakan simbol perusahaan, nama perusahaan, logo, warna standar perusahaan & kemasan produk, citra lobby kantor / font office lobby image, pakaian seragam /uniform, model huruf atau logo perusahaan yang menjadi pembeda dengan yang lainnya, Media Personal (pertemuan langsung melalui pendekatan personal seperti lobi dan negosiasi untuk mencapai kata sepakat (win-win solutions).
Pentingnya menjalin hubungan dengan media dikarenakan media sebagai sarana komunikasi dengan publik yang dapat menjangkau khalayak yang luas dan tersebar agar isi pesandapat disampaikan dengan baik kepada publik.Dengan demikian, manfaat dari media relations sebagai berikut: pertama, Membangun pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawab organisasi dan media massa. kedua, Membangun kepercayaan timbal balik dengan prinsip menghormati dan menghargai, kejujuran serta kepercayaan. Ketiga, Penyampaian/perolehan informasi akurat, jujur dan mampu memberikan pencerahan bagi public(Wardhani, 2008:14).

Media relations dapat dikatakan sebagai alat untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai aktivitas perusahaan atau organisasi melalui publikasi dan diharapkan pesan atau dapat diterima dengan baik oleh khalayak luas. Media relations pada dasarnya berkenaan dengan pemberian informasi atau memberi tanggapan pada media pemberitaan atas nama organisasi atau klien (iriantara, 2008:29). 

Referensi:
Wardhani, Diah. 2008. Media relations, Sarana Membangun Reputasi Organisasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.
http://humas-publicrelations.blogspot.co.id/2014/11/media-humas-pr-media.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS AUDIT PERBANKAN SYARIAH

Mata Kuliah     : Audit Perbankan Syariah Dosen                : Syarbini Ikhsan., MM., CPA & Sabirin.,M.Ak.,CPAI Semester     ...